SS_TUGAS3_PENGANTAR BISNIS
Menganalisis Bauran Pemasaran PT. Yakult Indonesia Persada
Kali ini saya akan menganalisi bauran pemasaran. Sebagai contohnya saya membahas pemasaran PT.Yakult Indonesia Persada. Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P. Metode ini dikenal dengan Bauran Pemasaran (marketing mix). Dalam perkembangannya,untuk layanan jasa dikenal dengn istilah 7P dimana 4P pertama adalah product,price,place, dan promotion. Untuk 3P yang selanjutnya adalah bukti fisik (Phsycal Evidence),proses (process), dan orang (people).Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu,maka seorang ahli pemasaran tergantung lebih banyak pada keterampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorentasi pada ilmu tertentu.
PT.yakult adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi susu
fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990.
Pabrik Yakult mulai berproduksi pada bulan Januari tahun 1991, awalnya
PT.yakult adalah jenis usaha manufaktur patungan dengan statusnya
penananaman modal asing antara PT. Perkasa Simpati Persada dan Yakult
Honsha Co.Ltd, lambat laun perusahaan ini mendapatkan penanaman modal asing murni dari Yakult Honsha Co.Ltd
sendiri. Sedangkan pabrik awalnya ada di tahun 1997 berada di Pasar
Rebo Jakarta dengan hasil produksi sebanyak 720.000/hari ,lalu
dipindahkan ke Desa Pesawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat dan
kapasitas produksi ditingkatkan menjadi 1.800.000 botol per hari sesuai
pesanan pasar, pabrik di pindahkan di sebabkan karena sudah mulai
langkanya air bersih dan ingin meningkatkan produktifitasnya.
Berikut pembauaran pemasaran PT Yakult Persada
1. Product (Produk)
Produk yang dihasilan adalah "Yakult" sesuai nama besar perusahaan tersebut
Yakult Minuman
2. Price (Harga)
Harga yang ditawarkan yaitu Rp 8.500,- per Pak (@65ml)
3. Place (Distribusi)
Saluran Distribusi dilakukan oleh Yakult Lady dan Direct Sales
4. Promotion (Promosi)
Yakult Mengiklankan produknya
menggunakan media elektronik seperti TV dan radio, Media cetak seperti majalah
dan koran, serta internet dengan situs resminya yaitu www.yakult.co.id , serta melalui berbagai
media sosial seperti facebook, twitter, dan kaskus. Namun, tentu saja
masyarakat paling mengingat produk yakult berkat iklannya di TV. Yakult mempunyai
tagline, “Cintai Ususmu Minum Yakut Tiap Hari”. Ketika masyarakat mendengar
tagline ini di TV, tagline tersebut langsung memberikan masyarakat pesan dan
kesan jika meminum yakult setiap hari akan membuat usus kita sehat dan membuat
yakult menjadi produk yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari. Yakult memiih tagline ini tentu saja sangat
berarti. Cintai usus adalah cara baru untuk peduli terhadap diri sendiri. Usus
adalah organ tubuh yang penting agar tubuh menjadi bugar, kuat, dan segar. Jika
usus kita baik maka kitapun bisa hidup dengan baik pula.
Yakult juga pernah memberikan promo harga di
warung dan supermarket dengan ‘beli 5 gratis 1 “. Yakult Lady pun akan
memberikan kita harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di warung
ketika mereka berkunjung ke rumah-rumah warga. Saya pernah dikasih tau oleh ibu saya saat RT perumahan saya tour ke PT Yakult, dan setelah selesai mengikuti program
tersebut, mereka akan menawarkan produk Yakult yang dijual dengan setengah
harga dibandingkan dengan di warung dan supermarket.
5. Proccess (Proses)
PT Yakult membangun hubungan masyarakat yang baik melalui sistem distribusi Yakult Lady. Sistem distribusi Yakult Lady yaitu sistem pendistribusian Yakult oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady memberikan informasi kesehatan kepada pelanggan, sehingga Yakult Lady disebut pula sebagai “Pusat Informasi Berjalan”.
Para
sales Yakult ini memiliki wilayah pemasaran yang tetap sehingga bisa mendorong
keakraban yang berlanjut antara sales dengan para konsumen. Beberapa sales yang
komunikatif dan luwes bahkan merasa memiliki banyak teman dan kerabat baru yang
didapatkan selama mereka bertugas. Keterampilan berkomunikasi akan menjadi
modal utama bagi para sales ini dalam meningkatkan target penjualannya.
Yakult
Lady yang secara tidak langsung juga bertugas mengampanyekan program kunjungan
pabrik. Program kunjungan ke pabrik yakult membuat pengunjung dapat melihat
secara langsung proses produksi Yakult.
Tenaga sales yang rata-rata ibu rumah
tangga mungkin lebih menarik simpati dan membuat para calon konsumen tak tega
untuk menolaknya. Berbeda dengan sales produk produk otomotif yang lebih
menonjolkan penampilan fisik , para sales yakult adalah ibu-ibu yang rata-rata berusia
30 - 50 tahun, namun penampilan fisiknya sangat bersahaja dan menawarkan
keramahan dan kehangatan yang mungkin tidak bisa kita dapatkan saat berbelanja
di pasar swalayan. Strategi pendekatan sisi kemanusiaan yang tengah ditawarkan
produsen Yakult ini tampaknya cocok dengan karakteristik masyarakat Indonesia
yang masih sangat erat memegang teguh nilai- nilai kekeluargaan.
Sekian dari analisis bauran pemasaran dari saya. Maaf bila ada kekurangan anda bisa menambahkan dikolom komentar hehe. Terima Kasih
Referensi :
- http://blogpeda.blogspot.co.id/2016/09/harga-yakult-minuman-sehat-usus-dan.html
- http://gemahafidz.blogspot.co.id/2014/05/analisis-bauran-promosi-yakult.html
- www.yakult.co.id
0 komentar